Kandidat Pelatih Timnas Indonesia, Siapakah Dia?

Kandidat Pelatih Timnas Indonesia, Siapakah Dia

Melalui ketua umum Edy Rahmayadi memang telah diumumkan tentang siapa saja yang menjadi kandidat pelatih dari timnas nasional Indonesia mulai dari pelatih senior hingga kelompok usia di kongres tahunan PSSI 2017 yang diselenggarakan di kota Bandung.

Sebagai pelatih untuk senior ada dua juru taktik berdarah Spanyol yang disiapkan yaitu Luis Fernandez dan Luis Milla. Untuk Luis Fernandes sebenarnya merupakan pria yang berkewarganegaraan Prancis dan pernah membela Perancis bersama Michel Platini.

Pelatih senior nantinya akan dibuat rangkap jabatan juga sebagai pelatih timnas U-22/U-23 untuk SEA Games 2017 mendatang mengingat memang pada kalender turnamen resmi untuk timnas Indonesia kosong sampai dengan 2018 nanti.

Fernandez sendiri pensiun sebagai pemain dari tahun 1993 dan dia turut memulai perjalanan karir bersama manajerial tim asal Prancis yaitu Cannes. Walaupun memang berdarah Spanyol 100 persen akan tetapi ia sudah hidup di Perancis sejak usia sembilan tahun karena mengikuti kedua orang tuanya. Ia kemudian menjadi warga negara Prancis sejak tahun 1981.

Pria yang saat ini usianya 57 tahun ini juga cukup manis ketika mengawali dunia kepelatihan yang mana ia juga dinobatkan sebagai pelatih terbaik Ligue 1 karena dapat membawa Cannes ke kancah Eropa. Walaupun berada di posisi pemain bertahan, bek atau jangkar akan tetapi dirinya berhasil meracik Cannes dengan memberikan filosofi penyerang dan mengandalkan pemain mudanya.

Dengan gemilang prestasi Fernanez sebagai seorang pelatih membuka dirinya menukang Paris Saint Germain. Dua musim dirinya bersama dengan Les Parisien dan kemudian dia juga berhasil meraih dua gelar piala domestik akan tetapi gagal menjadi kampiun Ligue 1.

Akan tetapi di kompetisi Eropa pria yang saat ini lebih sibuk sebagai pundit di stasiun televisi dan radio di Perancis membuat PSG cukup impresif dengan dapat menumbangkan AC Milan dan akhirnya tersisih oleh Barcelona yang sangat digdaya berada dibawah kendali dari seorang Johan Cruyff.

Karir Fernandez sendiri bersama dengan PSG berakhir di tahun 1995/1996 akan tetapi dia juga mempersembahkan gelar Piala Winners dengan mengalahkan wakil Austria, Rapid Vienna yang kemudian setelahnya ia pernah menukangi Espanyol, Athletic Bilbao, Real Betis, Al Rayyan, timnas Israel dan juga Guineia. Kabarnya Fernandez ini yang kemudian menjadi kandidat terbesar dari pelatih timnas Indonesia menggantikan Alfred Riedl.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *