Liga 1 Tabrakan Dengan Piala AFF, Klub Diminta Kooperatif

Liga 1 Tabrakan Dengan Piala AFF, Klub Diminta Kooperatif

 

 

Colabola.com – Klub-klub peserta Liga 1 2018 diminta untuk dapat kooperatif melepas pemainnya ke tim nasional Indonesia untuk keperluan Piala AFF 2018. Hal tersebut seperti yang telah disampaikan oleh Risha Adi Wijaya selaku CEO PT Liga Indonesia Baru.

Seperti yang telah diketahui, LIB memutuskan untuk terus memutar Liga 1 walau berbarengan dengan jadwal timnas di Piala AFF 2018. Liga 1 bakal dimulai tanggal 23 Maret dan berakhir 2 Desember, sementara untuk Piala AFF akan dilangsungkan pada  awal November hingga Desember.

Bentroknya jadwal itu tentu akan berpengaruh kepada komposisi klub,  kalau para pemainnya memperoleh panggilan untuk dapat memperkuat timnas di Piala AFF. Terlebih ketikamemasuki akhir kompetisi, klub memerlukan skuat yang komplit untuk tentukan posisi di klasemen.

Tapi, Risha mengingatkan kalau semua klub mesti melepas pemainnya yang dipanggil oleh timnas. Ia memastikan, setiap klub maksimal cuma sumbangkan tiga sampai empat pemain.

“AFF dan Liga 1 tidak berhenti seperti 2016. Nanti ada skema khusus untuk koordinasi dengan PSSI karena sebelum mengeluarkan jadwal kami sudah berkoordinasi dan menghitung semua jadwal yang terjadi tahun ini. Jadi siapapun yang dipanggil, klub harus melepaskan ke timnnas karena ujungnya kompetisi adalah timnas,” ujar Risha.

“Kami tidak mengandai-andai, tapi kalau melihat semua kemampuan pemain muda saat ini cukup merata kalau dibandingkan dua musim lalu U-23 itu hanya dari enam klub, dan tahun 2017 itu ada 15 klub yang menyumbangkan pemainnya untuk timnas. Jadi saya percaya tidak lebih dari tiga atau maksimal empat pemain yang dipanggil, itu paling maksimal,” imbuhnya.

Sementara mengenai hukuman kalau klub tak melepaskan pemainnya ke timnas, Risha tak mau ambil pusing. Karena, hal ini bukan ranahnya LIB.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *